Jumat, 29 Januari 2016

Jas Merah

quotesgram.com



   Sejarah. Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang membahas sebuah kejadian atau peristiwa pada masa lampau. Sumber sejarah bisa berupa sumber primer yang berasal dari kesaksian langsung pelaku atau saksi sejarah, dari dokumen, catatan, atau peninggalan asli, sedangkan sumber sekunder berasal dari sumber pustaka hasil penelitian ahli sejarah , laporan penelitian, maupun terjemahan dari kitab-kitab kuno.
Konsep sejarah :
*      Time
Sejarah jelas berhubungan dengan waktu kejadian peristiwa dan kronologi peristiwa tersebut.
*      Space
Penjelasan mengenai tempat peristiwa sejarah.
*      Activity
Penjelasan mengenai proses terjadinya peristiwa yang mnyangkut kausalitas  dan pelaku.
*      Continuity
Sejarah harus berhubungan antar satu peristiwa dengan peristiwa lainnya sehingga mengakibatkan perubahan

   Sejarah tentu dekat dengan kita. Berbagai ingatan yang kita punya di masa lalu bisa disebut sebagai sejarah. Kapan kita dilahirkan, di mana kita bersekolah, berkenalan dengan teman baru, bahkan hal sesederhana silsilah keluarga juga merupakan bagian dari sejarah. Tetapi, untuk menjadi bagian dari sejarah yang bisa dikenal dunia, peristiwa tersebut haruslah mencakup sesuatu yang besar. Seperti peristiwa Perang Dunia I, Proklamasi Indonesia, dan berbagai peristiwa lain yang tidak mungkin terulang. Kita tidak bisa mengulang peristiwa, kita hanya bisa merekonstruksi bagaimana fenomena peristiwa tersebut terjadi.
   Agar sejarah itu tidak mudah terlupakan kita perlu membuat sebuah peninggalan yang bisa dilihat orang lain. Bisa dengan tulisan, album foto, maupun dengan cara nge-blog. Menarik bukan, ketika generasi setelah kita bisa membaca ulang peninggalan-peninggalan kita? Mereka mungkin akan membandingkan kehidupan modern yang mereka punyai dengan keadaan kita yang sekarang. Mempelajari gaya bahasa yang kita miliki, melihat foto-foto alam di masa kita ketika langit masih biru bersih dengan hamparan sawah yang luas. 
   Nah, seperti kata Bung  Karno :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Let's Talk Template by Ipietoon Cute Blog Design