Kamis, 17 Maret 2016

Tradisi Padusan Menyambut Ramadhan

   Setiap menjelang ramadhan, ada tradisi unik yang dilakukan oleh para penduduk untuk menyambut bulan puasa. Tradisi ini biasa dilakukan di beberapa pemandian seperti Kali Taman maupun Umbul Senjoyo. Penduduk yang melakukanpun tak hanya dari Salatiga. Beberapa bahkan datang dari Semarang hingga Boyolali. Saking membludaknya pengunjung, pihak pemandianpun mau tak mau mendatangkan tim penyelamat, polres. satpol pp, dan tim medis dari PMI sebagai bentuk menjaga kewaspadaan.
   Tradisi momentum yang terus berlangsung hingga saat ini tak urung kekurangan pelakunya. Salah satu pemandian bahkan bisa diramaikan hingga kurang lebih 2000 orang. Tentu jumlah yang banyak bagi kota kecil seperti Salatiga. Pemandian ang digunakan untuk padusan ramai dari pagi hingga petang. Rata-rata pengunjung menghabiskan waktu dua hingga tiga jam.
   Filosofi dari penduduk yang melakukan padusan sendiri beragam. Ada yang menganggap tradisi ini untuk membersihkan diri, ada yang mengharapkan berkah, ada yang berharap agar puasanya dilancarkan, bahkan ada yang beranggapan bahwa dengan padusan dapat menghilangkan rasa lapar dan lelah saat berpuasa.
jurnalwarga.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Let's Talk Template by Ipietoon Cute Blog Design